Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2015, 05:11 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis


KOMPAS.com
 - Bagi calon ibu, mempersiapkan perlengkapan bagi si buah hati memiliki semangat tersendiri. Bahkan, saking antusiasnya, terkadang calon ibu lupa memperhatikan guna dan manfaat barang. Tidak disadari, pengeluaran jadi membengkak karenanya.

Memang, perlengkapan bayi beserta atributnya membutuhkan anggaran tidak sedikit. Namun, bila calon ibu lebih cermat, bukan tak mungkin ragam perlengkapan bisa didapat dengan harga lebih terjangkau. Berikut beberapa tips hemat membeli perlengkapan bayi :

1. Atur daftar perlengkapan dan waktu belanja

Buat daftar perlengkapan secara rinci saat hendak berbelanja kebutuhan bayi. Daftar itu bisa dimulai dari kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan mandi hingga kebutuhan saat bepergian.

Namun, khusus untuk popok dan pakaian sebaiknya disiapkan lebih banyak mengingat lebih sering digunakan.

Selain itu, waktu belanja juga perlu ditentukan. Hal ini penting karena calon ibu bisa mulai menyicil dari jauh-jauh hari. Pasalnya, bila usia kehamilan sudah mendekati due date, calon ibu harus lebih fokus pada persiapan persalinan saja. 

2. Belanja dalam jumlah besar

Ketika berbelanja dalam jumlah besar biasanya harga yang ditawarkan kerap lebih terjangkau. Sebagai contoh, baju bayi yang dijual di pusat perbelanjaan grosir biasanya dibanderol lebih murah.

Salah satu contoh perlengkapan yang bisa dibeli dalam jumlah besar adalah aksesoris bayi, misalnya sarung tangan, penutup kepala dan kaos kaki. Dengan begitu, calon ibu bisa menekan anggaran sehingga dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

3. Berburu barang diskon

Tidak ada salahnya memanfaatkan kesempatan berhemat melalui diskon. Saat ini, pusat perbelanjaan berlomba-lomba membuat event pesta diskon guna menarik konsumen.

Persaingan tersebut bisa jadi kesempatan untuk berburu perlengkapan bayi. Tentu kemungkinan menemukan perlangkapan dengan harga yang lebih rendah dari biasanya semakin besar.

4. Pilihan tempat belanja

Pilihan tempat berbelanja pun bisa jadi pertimbangan saat hendak berbelanja kebutuhan untuk si buah hati. Misalnya, berbelanja di situs belanja online Bukalapak.com, yang bisa menjadi referensi saat mencari beragam perlengkapan bayi.

Keuntungannya, calon ibu dapat menyeleksi mana perlengkapan yang benar-benar bermanfaat dan mengetahui komparasi harganya. Kegiatan transaksi pun bisa dilakukan dengan lebih santai, misalnya dari rumah, hanya dengan mengakses dari perangkat digital saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com