Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2015, 06:11 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com – Jam kerja karyawan kantoran biasanya berlangsung selama delapan jam sehari. Durasi ini bisa saja molor, karena pemakaian waktu kerja yang tidak optimal.

Salah satu penyebab molornya waktu kerja itu adalah "gangguan' dari rekan kerja atau rasa lelah. Tak jarang, ajakan teman mengobrol atau gangguan lainnya membuat Anda kehilangan fokus dan mengesampingkan pekerjaan.

Akibatnya, Anda harus lembur atau menghabiskan lebih banyak waktu di kantor. Nah, agar waktu kerja lebih efisien, berikut lima strategi yang bisa Anda terapkan:

Peta pekerjaan

Awali dengan membuat prioritas yang harus diselesaikan hari itu. Anda bisa mulai dari tugas paling penting atau paling mudah.

Memiliki strategi mengatur pekerjaan penting untuk menjaga produktivitas. Ketika satu pekerjaan selesai, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Berhenti menunda

Perasaan ingin menunda pekerjaan kerap muncul akibat satu dan lain hal. Tak terkecuali saat Anda menemukan tugas sulit atau jalan buntu. Pekerjaan pun terbengkalai.

Untuk itu, mulai sekarang biasakan diri Anda tidak kalah dengan perasaan untuk menunda pekerjaan. Cari penyemangat agar tidak mudah menyerah begitu saja.

Jika perlu, pasang kutipan-kutipan penyemangat dari tokoh inspiratif di meja. Anda juga bisa membiasakan menyemangati diri dengan berkata, “Bila tugas selesai sekarang, saya bisa cepat pulang atau bertemu teman di luar kantor!”.

Ingat untuk istirahat

Rehat merupakan bagian penting dari bekerja. Bukan karena malas, tetapi pikiran Anda memang membutuhkannya agar dapat terus bekerja dengan baik.

Perusahaan besar seperti Google dan Huffington Post memiliki ruang istirahat tersendiri untuk karyawannya. Hal ini terkait dengan fakta bahwa 15-20 menit tidur siang dapat mengembalikan fokus dan meningkatkan kinerja.

Opsi lainnya ialah melakukan olahraga kecil dari tempat duduk, seperti peregangan tangan, bahu, dan punggung. Kegiatan ini dapat membuat aliran darah lebih lancar dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke otak.

Shutterstock Ilustrasi

Jangan batasi inspirasi

Ide untuk menyelesaikan pekerjaan bisa datang dari mana saja, maka sebaiknya tidak membatasi diri. Jangan segan mencatat ketika inspirasi tiba-tiba datang walau sedang di luar kantor.

Manfaatkan smartphone untuk menuliskan ide presentasi atau atau persiapan rapat. Begitu sampai kantor, Anda tinggal memindahkakn pekerjaan dari ponsel dan melanjutkan pekerjaan lainnya.

Selaraskan ponsel dengan komputer

Ponsel terkadang dapat menjadi sumber distraksi saat bekerja. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyelaraskan ponsel dengan komputer.

Siasati hal ini dengan fitur Sidesync 4.0 pada Samsung Galaxy Note 5. Sidesync 4.0 menyambungkan layar serta data antara komputer dan ponsel.

Anda dapat menggunakan berbagai fitur ponsel dari komputer, termasuk menerima notifikasi dan membuka pesan. Dokumen pekerjaan pun bisa dengan mudah dipindahkan dari ponsel ke komputer atau sebaliknya sehingga pekerjaan bisa dilakukan di mana saja.

Misal, Anda seorang penulis. Ketika terjebak macet, Anda mendapatkan gagasan baru untuk tulisan. Di situ, Anda bisa menggunakan ponsel untuk mencatat dan ketika sampai kantor atau rumah langsung pindahkan tulisan Anda ke komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com