Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Eksotisme Kalimantan, Itang Yunasz Hadirkan Koleksi Busana Terkini

Kompas.com - 28/10/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Perancang busana Itang Yunasz meramaikan pergelaran Jakarta Fashion Week 2016 dengan menghadirkan koleksi busana pria dan wanita yang terinspirasi dari eksotisme budaya dan adat di Kalimantan.

Koleksi terbaru Itang tersebut diberi nama Kalimantan Collection dan diperagakan pada Minggu (25/10/2015) malam.

Kali ini, Itang seperti asyik menelusuri keindahan etnik negeri sendiri dan memilih Kalimantan sebagai sumber inspirasi untuk menyambut tahun 2016.

"Ada kunci optimisme pada koleksi saya untuk menghadapi pasar ekonomi global yang saat ini sangat sulit. Saya punya cara untuk mengubah material yang sangat mahal ke bahan yang lebih ekonomis, tapi tidak mengurangi gaya berbusana, struktur, nilai jual, dan penampilan keseluruhan," kata Itang di fashion tent Jakarta Fashion Week 2016.

Itang menghadirkan motif bunga dengan garis, motif anyaman Tikar Rotan, motif Ulap Doyo, tenun ikat, serta hiasan berupa bunga-bunga eksotis seperti bunga sepatu, kamboja, bunga jahe, kecombrang, dan burung enggang khas Kalimantan.

Semua detail ini dikreasikan dengan teknik digital printing ke dalam bahan-bahan seperti brokat, chiffon, katun, crape, tafetta, dan satin tuil yang halus serta organdi.

Itang menghadirkan koleksi berupa long outer jacket, cocoon, dan boxy style. Selain itu, ada pula tunik, celana, dan beberapa dress berpotongan modern.

Itang pun menyempurnakan koleksinya dengan aksesori berupa tas maupun topi anyaman yang senada dengan busana. Sentuhan berupa sulaman bordir bermotif bunga dan sematan berbagai aksesori seperti lempengan berbentuk capung, kerang, dan bulu, tak luput dari ekplorasi kreativitas seni rancang busana pada koleksi terbarunya ini.

Palet warna yang dihadirkan Itang dimulai dari warna putih, perpaduan warna putih dengan coklat muda ke coklat tua. Kemudian, gradasi warna terakota dan disisipi kombinasi garis warna hitam yang tegas. Selain itu, hadir pula warna hijau dan dusty pink yang memberi kesan segar, ditutup dengan warna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com