Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2015, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -- Kini, lipstik berwarna gelap sedang diminati oleh banyak wanita, termasuk pula para selebriti. Namun, ada anggapan bahwa mengenakan lipstik warna gelap akan membuat penampilan terlihat lebih tua.

Tenang saja, Anda tetap bisa terlihat cantik dan muda dengan rangkaian lipstik berwarna gelap asalkan tahu cara mengenakannya dengan tepat.

Ada beberapa kiat mengenakan lipstik berwarna gelap agar terlihat tidak tua. Berikut uraiannya.

1. Pilih warna yang tepat
Memilih lipstik warna gelap tidak boleh sembarangan. Triknya adalah mencoba menggunakan beberapa warna yang berbeda sebelum menjatuhkan pilihan.

"Cek diri Anda di bawah cahaya natural. Hindari warna cokelat atau terlalu beige (serupa kulit). Sebab, ketika Anda mulai menua, warna yang menuju merah muda selalu lebih memikat walaupun warna netral," jelas penata rias profesional Suzy Gerstein.

"Warna berry dan deep plum adalah warna awal yang bagus untuk dicoba. Anda tidak akan salah dengan kedua warna itu, apapun warna kulit Anda," imbuh penata rias profesional Adrienne Herbert.

2. Perhatikan tekstur
Selain warna, Anda pun harus memperhatikan tekstur lipstik. Gernstein menyarankan, untuk menghindari lipstik bertekstur matte  karena akan mudah kering dan menciptakan garis-garis halus pada bibir. Sebaliknya, pilihlah tekstur semi matte atau satin yang mengandung bahan reflektif ringan.

3. Perhatikan cara pengaplikasian
Ternyata, mengaplikasikan lipstik warna gelap cukup sulit. Herbert menyarankan, agar Anda menggunakan kuas bibir untuk mengaplikasikan produk, lalu ratakan dengan tisu untuk mencampur warna dan gunakan jari agar garis bibir tak terlihat kasar.

"Aplikasikan lipstik seperti biasa kemudian ratakan dengan jari sehingga lipstik tidak terlalu teval. Kemudian aplikasikan sedikit lagi di bagian tengah bibir untuk sentuhan terakhir," terang penata rias profesional April Greaves.

4. Kenakan riasan sederhana
Dengan warna lipstik yang dramatis, sebaiknya Anda mengaplikasikan riasan wajah dengan riasan sederhana saja. "Tergantung pada wajah dan apa yang cocok untuk Anda, misalnya riasan alis, maskara hitam atau cokelat, atau perona pipi warna merah muda, serta alas bedak atau concealer," tutur Gerstein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com