Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Seperti Apa yang Ampuh Bangkitkan Semangat Hidup?

Kompas.com - 03/11/2015, 10:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Ada kekuatan dibalik musik. Sebab, musik dapat membuat hari seseorang menjadi lebih indah.

Hal tersebut ditegaskan oleh penelitian yang dilakukan Spotify bersama psikologis musik, David M Greenberg. Keduanya menentukan kriteria musik yang dapat membuat seseorang dapat bangun pagi dengan lebih bersemangat. Berikut kriterianya:

1. Nada tertentu
Lagu dengan awalan yang terlalu kuat justru tak membantu Anda bangun tidur. Justru, lagu yang beberapa detik memiliki nada lembut di awal, lalu bernada kencang akan membantu seseorang bangun secara bertahap

2. Lirik positif
Usai terbangun dari tidur, seseorang perlu mendengar lirik lagu yang positif untuk memulai hari dengan baik. Hindari lirik lagu negatif seperti berisikan kalimat marah atau galau. Lirik musik positif akan mempengaruhi perbuatan seseorang.

3. Tempo yang kuat
Bukan hanya lirik, elemen gelombang suara ternyata penting bagi musik di pagi hari. Elemen ini umumnya diciptakan lewat nada dari alat musik bass dan drum. Tempo per-menit yang dianjurkan berada di angka 100-130. Angka tersebut akan membuat suasana hati seseorang merasa lebih baik dan tubuh lebih segar.

Terakhir, daftar lagu yang dapat membuat saat bagun di pagi hari menjadi lebih baik adalah Viva La Vida dari Coldplay, Wake Me Up dari Avicii, Elevate dari St. Lucia, Confident dari Demi Lovato, dan sebagainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com