Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Jenis Mainan yang Ampuh Asah Karakter Si Kecil?

Kompas.com - 10/11/2015, 15:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Bermain bagi anak-anak bukan hanya sekedar aktivitas yang menghibur. Lewat bermain perkembangan fisik dan mental anak dapat diasah. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, jenis mainan tertentu dapat melatih karakter kepribadian anak.

Lewat pertemuan media yang berlangsung dalam acara peluncuran 100 mainan baru Early Learning Center (ELC) di Slice Of Heaven, Mall Grand Indonesia, Aulia menguraikan penjelasannya: 

1. Ketekunan 
Mainan yang membutuhkan waktu cukup lama serta menyita fokus anak, umumnya melatih ketekunan si kecil. Permainan seperti menyusun balok kayu, mewarnai, dan meronce aksesori, merupakan jenis mainan yang membutuhkan konsentrasi dan melatih ketekunan.

2. Kemandirian menyelesaikan masalah
Mainan yang membutuhkan anak untuk mencari jalan keluar, seperti puzzle yang membutuhkan kemampuan anak untuk bersabar hingga dapat menyelesaikan sendiri.

Kuncinya, orangtua harus bersabar dan membiarkan anak menyelesaikan permainan itu sendiri. Bujuk anak untuk mau berusaha dan bersabar dalam menyelesaikan permainannya.

3. Disiplin 
Mainan dengan berinstruksi umumnya sudah mulai dapat dimengerti oleh anak berusia lima tahun ke atas. Orangtua dapat berperan menjadi pemberi instruksi dan menjelaskannya secara perlahan pada anak agar dia dapat memahami dengan pasti.

4. Kreativitas
Berbeda dengan mainan yang memerlukan instruksi, mainan tanpa instruksi seperti bermain peran atau menyambung cerita ternyata menimbulkan empati pada anak. Mainan jenis ini memancing kreativitas dan imajinasi anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com