Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2015, 18:47 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan tepat pada tanggal 12 November. Sama halnya dengan Hari Ibu, anak-anak memberikan hadiah, kartu, dan ucapan terima kasih pada ayah mereka.

Selain Indonesia, negara-negara lain sudah lebih dulu memiliki Hari Ayah. Beberapa negara, bahkan merayakannya dengan cara unik. Berikut uraiannya:

1. Thailand
Di Thailand, Hari Ayah dirayakan tepat pada tanggal 5 Desember, tepat pada hari ulangtahun Raja Bhumibol Adulyadej. Tiap tahunnya, Raja akan memberi pidato, dan untuk menghormati Raja, rakyat Thailand akan mengenakan busana warna merah muda.

Warna merah muda dipilih sebagai bentuk hormat kepada raja yang hanya pernah terlihat sekali mengenakan jas warna merah muda, pasca dirawat di rumah sakit. Tradisi lainnya yang unik, anak-anak di Thailand biasa memberi ayah atau kakek mereka bunga tasbih atau Canna Lilies.

2. Rusia
Hari Ayah di Rusia lebih bersifat universal, ditujukan kepada semua pria. Jatuh pada tanggal 23 Februari. Rakyat Rusi memeringatinya  dengan parade tentara. Biasanya, wanita akan memberikan hadiah pada pria kesayangan mereka, tak harus pada ayah saja.

3. Jerman
Vatertag atau Hari Ayah dalam bahasa Jerman, diperingati dengan tradisi tradisional. Para pria akan berkumpul dengan gerobak berisi minuman keras dan penuh makanan.

Kemudian, para pria akan beramai-ramai menarik gerobak, hiking ke dalam hutan dan menikmati bekal yang mereka simpan dalam gerobak.

4. Nepal
Nepal ternyata punya cara khusuk untuk memperingati Hari Ayah yang disebut Gokarna Aunsi. Anak lelaki akan bersimpuh menempelkan dahinya ke kaki sang ayah. Lalu, anak perempuan menempelkan dahi ke tangan sang ayah. Pada hari itu, orang-orang juga akan berkumpul ke kuil untuk mendoakan ayahnya yang telah meninggal dunia.

5. Meksiko
Merayakan Hari Ayah, rakyat Meskiko berpesta dengan makanan dan musik. Beberapa juga berpartisipasi dalam lomba lari 21 kilometer di ibukota Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com