Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Waspada, Anak-anak Zaman Sekarang Percaya Internet

Kompas.com - 24/11/2015, 13:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Anda yang memiliki anak kelahiran tahun 1999 ke atas, sama sekali tak ada salahnya untuk lebih mengawasi arus informasi yang diterima oleh anak, khususnya dari internet.

Pasalnya, sebuah penelitian dari regulator komunikasi Inggris, Ofcom, menemukan, hanya 50 persen anak-anak berusia 12-15 tahun yang melakukan pertimbangan salah dan benar setelah menggunakan mesin pencarian di internet.

Sisanya, 20 persen anak berusia 12-15 tahun praktis menyerap alias benar-benar percaya terhadap semua hasil pencarian tersebut.

Namun demikian, tak berarti anak-anak ini sepenuhnya naif ketika menghadapi internet. Setengah responden tahu bahwa blogger video sebenarnya dibayar untuk mempromosikan suatu produk.

Hasil survei melaporkan, setengah responden juga mengerti tata pergaulan lewat dunia media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Hal ini dibuktikkan lewat tujuh dari sepuluh responden yang percaya dengan kalimat, "Aku rasa kebanyakan orang berprilaku berbeda ketika di dunia maya, atau ketika mereka berbicara dengan orang bertatap langsung,"

Tentunya penelitian ini menjadi pengingat orangtua untuk waspada terhadap informasi yang diserap anak-anaknya. Mengingat banyaknya opini serta hal negatif lain di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com