Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas Kecantikan yang Harus Dimulai untuk Cegah Penuaan

Kompas.com - 02/12/2015, 13:42 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Memasuki usia 30-an, otomatis penuaan alamiah mulai terlihat dengan munculnya garis-garis halus di area mata dan dahi.

Anda panik? Tentu saja. Hal serupa juga terjadi pada para wanita kepala tiga lainnya.

Memang penuaan merupakan hal yang mutlak terjadi. Namun, tak berarti tak bisa dicegah atau setidaknya mengurangi hasil dari proses penuaan.

Rahasianya Anda hanya perlu rajin dan rutin mengaplikasikan langkah-langkah berikut ini:

1. Bersihkan wajah sebelum beristirahat
Setelah lelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk membersihkan wajah, terutama make up, untuk memberi ruang kulit wajah leluasa bernafas.

2. Gunakan krim bawah mata
Studi mengungkapkan bahwa kulit di bagian mata adalah yang paling tipis dan paling mudah berkerut. Untuk itu gunakanlah krim di bawah mata sejak berusia 20.

3. Gunakan tabir surya setiap hari
Jangan pernah keluar rumah tanpa mengenakan tabir surya. Gunakan tabir surya baik untuk bagian wajah atau tubuh. Apalagi jika Anda tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Sinar ultra violet berlebih memicu penuaan dini.

4. Gunakan pelembab wajah
Jangan anggap remeh pelembab wajah. Meski kulit wajah Anda bukan tipe yang bermasalah, penting untuk menjaga kelempaban.

5. Scrub bagian kaki
Kaki seringkali luput dari perawatan. Semakin tua usia, kulit bagian kaki akan lebih cepat kering. Untuk itu ada baiknya rutin menggosok kulit dan memberi losion pada bagian kaki.

6. Jangan minum mengenakan sedotan
Tahukan Anda, saat Anda mengenakan sedotan untuk minum sebenarnya membuat otot disekitar bibir menjadi mengerucut dan membuat kulit di daerah sekitar mulut menjadi lebih cepat keriput.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com