Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Kurang Tidur Sebabkan Cantik Anda Berkurang

Kompas.com - 02/12/2015, 20:20 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com –
Lembur, tumpukan pekerjaan, dan tugas rumahtangga, banyak hal yang membuat waktu tidur Anda berkurang.

Selain membuat stamina turun, kurang tidur juga bisa mengurangi kualitas kulit cantik Anda. Pasalnya, kecantikan kulit sangat berkaitan denngan waktu istirahat di malam hari.

“Selama tidur di malam hari, tubuh bekerja untuk menghilangkan sel darah mati dan sel otak yang mati. Waktu itu penting dalam asupan nutrisi yang baik untuk kulit. Tidur juga akan menciptakan jalan bagi sinapsis baru sehingga sel darah dan otak yang mati mudah terganti,” terang Rebecca S Robins MD, PhD., seorang peneliti dan pakar tidur dari Cornel University, AS.

Kemudian, Robins juga memaparkan bahwa waktu dan kualitas tidur mempengaruhi kelembaban kulit, sehingga sering tidur terlalu malam bisa mengurangi kelembaban kulit.

Alhasil, kulit menjadi kering dan kusam karena kadar pH yang rendah menyebabkan hadirnya kulit kemerahan dan memicu timbulnya jerawat.

Dampak buruk lainnya dari sering kurang tidur adalah pembuluh darah di sekitar melebar sehingga menimbulkan lingkaran hitam bawah mata atau mata panda.

Untuk menghindarinya, jangan lupa mengaplikasikan krim malam dan krim mata secara teratur. Pastikan produk krim mata Anda mengandung ekstrak teh hijau yang tinggi.

Terakhir, Robbins menegaskan, Anda untuk berusaha tidur malam lebih kurang delapan jam setiap hari.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com