Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Ini Sediakan Baju, Buku, dan Makanan Gratis untuk Para Siswa

Kompas.com - 03/12/2015, 05:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Sebuah Sekolah Menengah Atas, Washington High School, di Washington, Amerika Serikat, menyediakan makanan, busana, peralatan mandi, dan peralatan sekolah gratis untuk para siswanya.

Konsep mengharukan dan patut dicontoh ini berangkat dari fakta bahwa 21 persen siswa di SMA tersebut kurang mampu secara ekonomi.

"Ada beberapa kali siswa yang mendatangiku dan bertanya apakah aku punya pasta gigi. Mereka tidak punya pasta gigi di rumah," ujar Kepala Sekolah, Misty Walker.

Walker sadar jika kebutuhan dasar para siswa tak dipenuhi, maka mereka akan sulit untuk fokus belajar.

Bersama organisasi non profit Bright Future USA, pihak sekolah kemudian menyediakan segala kebutuhan para murid yang kurang mampu, mulai dari baju bersih, makanan, peralatan sekolah, dan kebutuhan lainnya.

Demi menghindari siswa merasa malu atau segan. Walker pun menugaskan petugas sekolah seperti guru atau konselor agar siswa yang membutuhkan dapat berkomunikasi langsung.

"Jadi ketika siswa memiliki kebutuhan, mereka akan bertanya dan datang pada mereka," imbuhnya.

Walker mengatakan bahwa selama ini para muridnya sangat bijaksana saat mengambil kebutuhan yang telah disediakan sekolah untuk mereka.

"Mereka sangat bijaksana dengan apa yang mereka ambil, bahkan kami seringkali harus mendorong mereka mengambil lebih," terangnya.

Hal paling penting dari proyek ini, menurut Walker,  adalah memperat hubungan serta komunikasi dari para siswa dan konselor sekolah. Mereka bersama-sama membantu siswa, tak hanya untuk keperluan sehari-hari melainkan juga akademis dan sosial. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com