Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2015, 15:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com – Acap kali orangtua panik dan kehilangan akal saat bayi menangis dan menjerit-jerit. Sebab, bayi yang baru lahir berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya lewat tangisan.

Seorang dokter anak bernama dokter Robert Hamilton atau akrab disapa dokter Bob, memiliki cara jitu untuk menenangkan bayi menangis.

Teknik ini didapat dokter Bob lewat pengalamannya bekerja sebagai pediatri selama 30 tahun.

Cara jitu menenangkan tangisan bayi dalam waktu 30 detik ini dinamakan oleh dokter Bob, The Hold, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah menggendong.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk teknik The Hold ini adalah angkat bayi dalam keadaan tengkurap. Kemudian, tekuk lengan kiri sang bayi ke arah dadanya sendiri. Selanjutnya, lakukan hal yang sama dengan lengan kanan bayi.

Kunci lengan bayi tersebut dengan tangan kanan Anda. Lalu, arahkan sela jari jempol dan telunjuk untuk menopang dagu bayi.

Dengan menggunakan tangan kiri, topang bokong bayi tepat di antara dua kakinya. Kemudaian, goyangkan bokong bayi serta ayun-ayunkan ke kanan atau ke kiri.

Dalam rekaman video yang menunjukkan dokter Bob melakukan teknik The Hold, terlihat sang bayi langsung tenang dari tangisannya hanya dalam hitungan detik.

Dokter Bob berharap teknik The Hold ini dapat membantu para orangtua untuk menenangkan bayinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com