Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2015, 10:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com --
Mengunjungi sahabat atau kerabat pasca melahirkan adalah tradisi umum yang dilakukan oleh orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Kebahagiaan dan semangat terpancar tak hanya dari pasangan yang baru saja menyambut buah hati ke dunia, tapi juga para saudara dan sahabat yang berkunjung. 

Oleh karena itu, yuk simak bersama-sama, aturan mengunjungi teman, keluarga, dan rekan kerja yang baru memiliki bayi:

1. Jangan merokok
Jangan merokok sebelum mengunjungi bayi apalagi saat mengunjungi bayi. Residu rokok dapat menempel di busana Anda dan tentunya sangat berbahaya bagi bayi yang masih belum memiliki imun tubuh yang sempurna.

2. Hindari menggendong bayi
Tidak semua orangtua senang bayinya digendong orang lain, kecuali jika mereka menawarkannya pada Anda. Sangat disarankan untuk tak mencium bayi itu juga. Alasannya, bayi yang baru lahir masih relatif rapuh terhadap bakteri dan virus di lingkungan sekitar.

3. Jangan mengenakan parfum berlebihan
Meski indera penciuman bayi belum begitu kuat, tetapi dokter menganjurkan untuk tak megenakan parfum yang berbau terlalu menyengat di dekat bayi, karena dapat menimbulkan alergi.

4. Perhatikan pemilihan hadiah 
Untuk bayi yang baru lahir, ada baiknya memberi hadiah perlengkapan bayi atau hadiah untuk sang ibu yang baru saja melahirkan. Membelikan mainan kepada bayi yang baru lahir sebenarnya tak begitu bermanfaat.

5. Jangan mengunjungi bayi jika Anda sakit
Sistem imun bayi yang belum sempurna membuatnya mudah terserang penyakit. Kunjungi bayi hanya saat stamina sedang prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com