Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2015, 06:33 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Kebanyakan orang wanita dengan bobot tubuh yang dianggap lingkungan sekitarnya ideal.

Penulis Buku Eat What You Love, Love What Youe Eat, sekaligus pendiri program diet dan latihan mental, Michelle May, M.D,. R.D., menyatakan bahwa kebanyakan wanita mematok bobot tubuh ideal yang tak realistis.

May mengatakan, ada banyak wanita sudah memiliki bobot tubuh ideal saat berusia 18 tahun atau saat menikah. Padahal saat usia bertambah, sebenarnya tubuh juga mengalami perubahan.

Jadi, tak heran, saat melakukan diet, turun tiga kilogram saja, sudah menjadi keajaiban.

Nah, Apabila Anda kesulitan menurunkan bobot tubuh, bisa jadi tubuh Anda sebenarnya sudah ideal. Ini tandanya:

1. Bobot tubuh Anda tidak naik turun secara drastis
Semua wanita mengalami naik turun bobot tubuh. Tubuh yang ideal memiliki bobot yang tidak naik turun secara drastis dan mudah untuk dikontrol bobotnya.

2. Tetap bertenaga
May mengatakan, dalam bobot ideal, maka tingkat energi seseorang akan luar biasa. Bobot tubuh ideal membantu aktivitas menjadi lebih efisien.

3. Tahu kondisi kenyang
Untuk mempertahankan bobot tubuh sebenarnya mudah. "Jika kau mendengarkan tubuhmu dan membiarkan sinyal lapar memandu dirimu makan, maka kau akan menemukan bobot tubuh yang sehat dan tetap," imbuh May.

4. Olahraga bukan hanya bertujuan menurunkan bobot
Ketika Anda telah berada pada bobot ideal, maka olahraga memiliki efek lain, yakni membentuk tubuh, tak lagi membakar kalori.

5. Kesehatan prima
Mulai dari tekanan darah, sampai sistem imun tubuh Anda semuanya berada dalam tingkat yang baik. Semua ini terjadi karena Anda dalam kondisi bobot tubuh ideal yang memungkinkan tubuh tetap sehat.

6. Anda dapat tetap makan makanan favorit
Tubuh yang sehat bukan sekedar makan untuk mengisi tenaga, namun juga untuk memberi kegembiraan. Seperti ketika Anda makan es krim kesukaan, Anda tak merasa bersalah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com