Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Tertawa Bantu Anda Lebih Kuat Hadapi Cobaan Hidup

Kompas.com - 07/12/2015, 07:02 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com 
-- Apakah hari Senin Anda hancur karena kabar atau peristiwa kurang menyenangkan di pagi hari? Cobalah untuk tertawa lepas.

Sebab, seperti kita ketahui bahwa gelak tawa merupakan obat yang manjur untuk meringankan gundah gulana dalam hati.

Pernyataan ini pun dikuatkan dengan hasil riset dari Oxford Researchers. Mereka menemukan, tertawa adalah penawar rasa sedih dan galau paling murah dan praktis.

Pasalnya, kala Anda tertawa tubuh melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk membangkitkan perasaan senang dan bersemangat.

Dr Robin Dunbar mengatakan pada New York Times bahwa tertawa memproduksi dan melepaskan endorfin secara merata pada tubuh.

Melalui eksperimen yang berkelanjutan, para peneliti memeriksa daya tahan tubuh responden. Mereka mempelajari kondisi fisik dan emosional masing-masing responden tersebut.

Lalu, sebelum dibagi menjadi dua kelompok, setiap responden wajib memasang manset yang terjepit pada ujung jari.

Responden di kelompok pertama di minta untuk menonton film drama dengan jalan cerita membosankan. Sementara itu, kelompok kedua menonton film komedi yang membuat mereka terpingkal-pingkal.

Kemudian, para peneliti melansir hasil eksperimen dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, bahwa responden di kelompok kedua terbukti lebih kuat dalam menghadapi masalah emosional dan menahan sakit secara fisik.

Kondisi serupa tidak ditemukan peneliti pada kelompok pertama. Sebab, menurut peneliti, kelompok pertama lebih rentan terpapar penyakit dan cenderung murung setiap menghadapi masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com