Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maria Harfanti Kenakan Batik Parang Rusak nan Seksi Elegan

Kompas.com - 20/12/2015, 12:51 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com –
Pesona kain dan motif batik ditebarkan oleh sang juara 3 Miss World 2015, Maria Harfanti, selama menjalani masa karantina Miss World di China, beberapa waktu lalu.

Rasa bangga Maria mengenakan motif batik terlihat jelas pada pilihan busananya selama menjalani karantina tersebut.

Pada salah satu foto akun Instagram pribadi, @mariaharfanti, dia tampak mengenakan blouse tanpa lengan dengan motif batik parang rusak berwarna coklat.

Dalam pemahaman filosofi batik, motif parang rusak memiliki arti sebuah lambang manusia yang internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan sehingga membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dan memiliki watak mulia.

Padanan celana panjang putih terasa begitu tepat untuk menyelaraskan permainan warna coklat batik parang rusak pilihan Maria.

Uraian kalimat pada teks foto, Maria mencurahkan rasa bangganya pada wastra nusantara yang merupakan peninggalan sejarah dan budaya paling mendalam di Indonesia.

Wherever I am, I Show my identity, culture, and pride as an Indonesian,” tulis Maria.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, memiliki arti bahwa Maria selalu memperlihatkan identitas budaya di mana pun dia berada karena rasa bangga menjadi seorang bangsa Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com