Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2015, 06:25 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Jika Anda merasa sering kelimpungan mengurus keuangan keluarga, Anda tak sendiri. Nyatanya, banyak ibu yang sering kesulitan saat harus mengatur keuangan perbulan. Alhasil, yang terjadi adalah aksi “gali lubang, tutup lubang”.   

Dalam acara peluncuran buku Modern Mama karangan Imelda Fransisca di Kinokuniya, Plaza Senayan, beberapa waktu lalu, Imelda yang merupakan mantan Miss Indonesia tahun 2005, presenter, penulis, sekaligus ibu dari dua orang anak, menceritakan, dirinya pernah morat marit karena keuangan yang tak diatur dengan baik.

Tantangan Imelda mengatur keuangan keluarga ini dituangkan olehnya ke dalam bukunya tersebut.

Imelda mengatakan bahwa akhirnya dia menyadari ada yang salah dengan caranya mengatur keuangan. Sebab, kondisi keuangannya yang tidak teratur dan berisiko tinggi.

Tuti, seorang financial planner, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan kunci mengatur keuangan adalah dengan membagi pendapatan ke dalam pos-pos pengeluaran dan sikap disiplin.

Cara mudah membenahi anggaran rumahtangga, kata Tuti, atur 50 persen pendapatan untuk kebutuhan primer seperti makan, dan belanja bulanan.

Kemudian, 25 persen untuk kebutuhan sekunder atau belanja 'senang-senang', da 25 persen lagi untuk ditabung.

Tuti mengingatkan, jika Anda memiliki utang, seperti utang kartu kredit, maka hutang tersebut tak boleh lebih dari 30 persen dari pendapatan.

Ingatlah, untuk selalu  menyisihkan pendapatan dari awal karena ketika Anda berutang maka Anda akan mengalami kesulitan untuk berinvestasi.

Mengutip kalimat Imelda bagi para ibu, "Kalau kita seorang ibu tak bisa mengatur keuangan, bagaimana mau mengajarkan anak untuk menabung,".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com