Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2015, 08:11 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com - Dibandingkan cara berbelanja konvensional, membeli barang secara online tak selalu menjadikan harga barang lebih murah. Namun, cara belanja lewat internet itu memungkinkan Anda mendapat potongan harga dari beberapa hal. Simak berikut ini:

1. Langganan newsletter

Toko belanja online biasanya menawarkan berlangganan newsletter di saat Anda membuka laman web mereka. Ada baiknya, Anda lihat dulu manfaatnya sebelum merasa terganggu dengan kiriman informasi berkala.

Pada newsletter tersebut Anda tak hanya mendapatkan informasi mengenai produk atau barang baru, tetapi juga promosi. Biasanya, promosi diberikan khusus untuk mereka yang berlangganan newsletter.

2. Kupon dan diskon kartu kredit

Sebelum berbelanja secara online, cari tahu diskon yang ditawarkan. Cermati info potongan harga dalam situs belanja tersebut, antara lain kode voucher atau diskon dari kartu kredit.

Cara lainnya adalah mengunduh aplikasi di ponsel pintar. Terkadang, situs belanja online memberi potongan harga lebih besar bagi mereka yang memesan lewat aplikasi. Dengan mengetahui diskon yang sedang berlangsung di toko online, Anda bisa berbelanja lebih hemat.

3. Ongkos transportasi

Masih saja menggerutu karena harga barang yang dibeli di toko online lebih mahal Rp 5.000 dibandingkan toko konvensional? Sebelum merasa rugi, hitung dulu ongkos yang harus Anda keluarkan jika membeli secara konvensional.

Memang, belanja secara online terasa lebih murah karena tidak ada ongkos transportasi yang harus dikeluarkan. Namun, bukan berarti untung segalanya. Pemesanan online mengharuskan Anda menghitung ongkos kirim barang.

Namun, ada juga situs belanja yang menawarkan ongkos kirim gratis sebagai cara berpromosi. Situs web Bukalapak.com, misalnya.

Terhitung sejak 28 hingga 30 Desember 2015 nanti situs belanja online ini menggratiskan ongkos kirim hingga Rp 100.000 bagi pelanggan yang memilih cara pengiriman melalui JNE. Mereka hanya perlu memasukkan kode voucher “BLJNE” saat berbelanja lewat aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com