Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2015, 10:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Sebuah penelitian terbaru dari University of Strathclyde, mematahkan rumor yang selama ini menyebutkan bahwa sahabat adalah dua orang yang dipertemukan karena selera humor yang sama.

Faktanya, para peneliti mengungkapkan bahwa selera humor dibangun bersama antar sahabat. Jadi, dapat dikatakan bila selera humor Anda baik, maka selera humor sahabat Anda juga baik.

Hal lainnya yang menarik dari penelitian ini, ternyata selera humor  seseorang dibagi menjadi empat jenis. Berikut uraiannya:


1. Humor agresif
Humor jenis ini memilih bahan lelucon dari kekurangan orang lain. Jika seorang membuat kesalahan, maka pelawak akan melontarkan berbagai komentar yang menggelitik.

2. Humor menyalahkan diri sendiri
Berbeda dengan humor agresif, humor jenis ini berfokus pada kekurangan diri sendiri. Pelawak tanpa malu menyebutkan kekurangan serta kesalahan yang telah mereka perbuat. Lalu, orang-orang akan menertawakan kekurangan si pelawak.

3. Humor yang luas
Humor ini disampaikan lewat cerita dan pengetahuan si 'pelawak' akan berbagai hal. Pelawak jenis humor ini, terbilang cerdas karena dapat menghibur orang-orang dari berbagai latar belakang lewat bahan candanya yang luas.

4. Humor untuk diri sendiri
Dapat dikatakan ini adalah jenis humor intrapersonal. Humor jenis ini dibuat untuk menghibur diri sendiri saat merasa sedih. Caranya biasa dilakukan dnegan memikirkan berbagai hal lucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com