Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2016, 08:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Rasa gelisah yang sering kali membuat gundah tentu menjadi gangguan sebagian orang. Pasalnya, rasa gelisah membuat suasana hati tak menentu dan dapat mengganggu aktivitas. Namun, ternyata sering gelisah memiliki dampak positif.

Lewat penelitian yang dipublikasikan di eLife, ditemukan bahwa orang yang mudah gelisah ternyata lebih baik dalam mendeteksi emosi negatif orang lain dan lebih berempati.

Peneliti bertanya kepada 24 responden yang merupakan orang dewasa untuk mengisi kuisioner mengenai tingkat kegelisahan mereka.

Mereka kemudian diminta untuk melihat berbagai potret wajah dan diminta memilih foto yang mereka anggap memiliki emosi negatif.

Saat tes berlangsung, peneliti melihat sinyal pada otak responden. Hasilnya, orang yang memiliki kegelisahan dapat memilih foto wajah dengan emosi negatif lebih cepat.

Hasil menarik dari penelitian ini adalah orang yang gelisah menggunakan bagian otak lain untuk mengakses emosi mereka yang berhubungan dengan aksi fisik.

Dengan kata lain, selain peka terhadap emosi negatif, orang yang gelisah dapat bereaksi lebih cepat terhadap sebuah situasi konfrontatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com