Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-rata Wanita Amerika Serikat Tak Puas dengan Bentuk Tubuh

Kompas.com - 05/01/2016, 20:53 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Kabar menyedihkan bagi orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat. Pasalnya, lewat survei yang dilakukan oleh Yahoo Health terhadap 2.000 orang dengan kisaran usia 13-64 tahun di AS, ditemukan, hanya satu dari tujuh orang AS yang puas dengan bentuk tubuhnya.

Pandangan negatif terhadap tubuh sendiri bertambah parah pada kaum wanita. Sebab, hasil survei menunjukkan,sebanyak 70 persen pria merasa positif atau netral terhadap tubuhnya sendiri, sepanjang usia mereka.

Kaum pria di AS bahkan mengaku bahwa mereka menilai tubuh mereka secara lebih positif saat usia beranjak tua.

Kondisi itu sangat berbeda dengan wanita.  Sebab, wanita AS mengkategorikan tubuh lewat penilaian negatif. Total, hanya ada 13 persen wanita di AS yang puas dengan tubuhnya dan angka tersebut berada pada rentang usia 35-54 tahun.

Sari Shepphird, Body Image Expert, mengatakan bahwa hasil survei tersebut sebenarnya menunjukkan ekspetasi kultural.

"Dalam budaya sekarang ini adalah hal biasa untuk berkomentar negatif mengenai bobot tubuh wanita, tanpa peduli usianya. Dahulu, ini hanya terjadi pada wanita yang berprofesi sebagai model," ujar Shepphird.

Shepphird mengatakan bahwa media sosial memiliki dampak bagi para wanita dalam membuat wanita lebih tertekan dan tidak percaya diri mengenai bentuk tubuh.

Namun, ketidakpuasan pada tubuh ini berangsur berkurang ketika wanita telah memiliki karier yang cemerlang, keluarga bahagia, dan hubungan yang harmonis dengan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com