Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Masih Jomblo karena Anda Tidak Sadar Telah Menutup Diri

Kompas.com - 07/01/2016, 11:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Berdasarkan pakar kencan dan hubungan, James Preece, ada sebuah fenomena yang banyak terjadi pada para lajang, yakni bersikaip emotionally unavailable atau secara emosional terlihat seperti orang yang tak memerlukan pasangan.

"Ini sebenarnya seperti membangun 'dinding' di sekitar diri yang bertujuan untuk tempat berlindung. Namun, hal itu justru membuat Anda semakin tidak  bahagia, tidak merasakan cinta, dan seperti tidak mengijinkan orang lain untuk jatuh hati pada Anda," ujar Preece.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecenderungan seperti itu, kata Pearce, mudah dilihat. Umumnya, mereka sering berkomentar negatif, berkeluh kesah, sering melipat tangan, dan membungkuk.

"Orang yang mengalami emotionally unavailable dapat tampil sangat percaya diri dan terlihat meyakinkan di awal. Mereka juga biasanya memiliki tingkat keberhasilan tinggi di kehidupan dan karier, yang mengharuskan mereka untuk dapat mengendalikan emosi," urainya.

Namun, Preece mengingatkan, ketika mencoba membiarkan seseorang masuk dalam kehidupan, mereka biasanya terbilang ragu untuk membuka diri.

Kabar baiknya, Preece mengatakan bahwa orang yang mengalami emotionally unavailable dapat berubah.

"Cobalah untuk terbuka dengan hal-hal positif, yang membuat Anda bahagia dan merasa baik," terangnya. 

"Anda tak perlu meruntuhkan tembok yang telah Anda buat untuk perasaanmu. Anda hanya perlu membangun jendela. Ini hanya dapat terjadi apabila membiarkan orang lain masuk. Secara perlahan, Anda dapat mengeluarkan emosional yang sesungguhnya. Berikan mereka kesempatan dan Anda tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com