Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2016, 16:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Kehadiran internet telah menghapus batas interaksi sosial, tak pelak banyak terjadi cyber bullying atau pelecehan yang dilakukan lewat dunia maya. Bentuknya beragam,  dapat berupa kalimat atau tampilan foto berunsur negatif.

Di Indonesia, cyber bullying banyak terjadi di kalangan selebriti. Para remaja, generasi yang paling sering menggunakan kemudahan internet dan menggunakan media sosial adalah golongan yang juga rentan terkena cyber bullying.

Psikolog Liza Marielly Djaprie dalam acara peluncuran kampanye #rayakannamamu dari Coca Cola di kantor Ogilvy, Jakarta, Rabu (13/1/2015) menjelaskan, cara unyuk menghadapi cyber bullying.

"Pertama jangan dianggap, kalau didiamkan lama-lama mereka akan bosan. Kedua, jangan bereaksi berlebihan karena pelaku akan senang. Terakhir, jangan dibalas karena kita akan turun ke level yang sama dengan pelaku," urai Liza.

Giring vokalis Nidji yang juga hadir dalam acara tersebut mengisahkan dirinya adalah salah satu korban dari cyber bullying.

"Cyber bullying bisa buat stres, salahnya saya justru membalas dan jadi twitt war (balas membalas pesan negatif di Twitter). Harusnya dibiarkan saja, istighfar," sebut Giring.

Liza mengingatkan, jika Anda memiliki hak atas akun media sosial pribadi, maka tak ada salahnya Anda memblock akun yang Anda anggap telah mengusik Anda di media sosial. Paling penting, bijaklah menggunakan media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com