Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita India Korban Siram Air Keras Jadi Bintang Iklan

Kompas.com - 18/01/2016, 07:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Laxmi Saa, wanita asal India, baru berusia 15 tahun saat dirinya mengalami sebuah hal tragis dalam kehidupan seorang wanita.

Wajah Saa saat itu disiram dengan air keras oleh teman kakak laki-lakinya sendiri. Penyebabnya adalah Saa yang masih remaja menolak lamaran pria berusia 32 tahun tersebut.

"Awalnya aku merasakan dingin di wajahku, lalu merasa panas yang luar biasa. Cairan tersebut meluluhkan kulitku," kenang Saa.

Kemudian, Sa pun menjadi terisolasi dari lingkungan sosialnya. Pasalnya, masih banyak stigma negatif di India mengenai korban penyiraman air keras. Allhasil, Saa banyak menghabiskan waktu di rumah hingga kematian ayahnya.

Peristiwa kematian sang ayah, menjadi pukulan terbesar dalam hidup Saa. 

Sepeninggal sang ayah, Saa berusaha untuk mengumpulkan semua kepercayaan diri untuk  berani berbicara demi menentang penjualan air keras yang selama ini dijual bebas di India.

Selain itu, Saa juga mengampanyekan agar diberlakukannya hukuman lebih berat untuk kejahatan yang sudah lazim terjadi di India tersebut.

Aksi berani Saa ini akhirnya menyedot perhatian dari merek label mode ternama India, Viva N Diva.

Saa diminta menjadi bintang iklan dengan tajuk Face of Courage atau wajah dari keberanian, untuk mengubah standar kecantikan di pentas mode dunia.

"Kesempatan mewakili merek busana adalah wadah bagiku uuntuk menjadi contoh bagi para wanita sepertiku untuk percaya diri dan berani, tanpa terbatas penampilan fisik mereka," ujar Saa saat diwawancara BBC. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com