Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabun Mandi Propolis Buatan Generasi Muda Indonesia

Kompas.com - 18/01/2016, 17:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Propolis atau zat resin yang dikumpulkan lebah dari tanaman, selama ini diketahui memiliki manfaat yang luar biasa.

Propolis dapat menekan pertumbuhan bakteri, fungi, ataupun virus. Banyak obat yang mengandalkan khasiat dari propolis tersebut.  

Kini, di Indonesia, muncul sabun cair pertama yang mengandung propolis. Menariknya, produk ini adalah buatan anak bangsa, yakni PT RIN Biotek yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia.

Propolis yang dipilih adalah propolis asli Indonesia yang memiliki kandungan bahan aktif antimcrobial dan anti alergi alami mencapai sembilan persen. Angkat tersebut, delapan persen lebih tinggi dari propolis import.

"Target kami menyejajarkan produk kami dengan prosuk kesehatan import sejenis yang harganya cukup mahal. Dengan kekayaan lokal, kami yakin produk dalam negeri dapat menjadi produk yang mendunia," ujar Commercial Director PT RIN Biotek Indonesia, Sari Nakisha dalam acara pelucuran Hyeia di Restoran Ocha & Bella, Jakarta (14/1/2016).

Sabun mandi cair dengan merek Hygeia ini, diklaim dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan bakteri, kuman, gatal-gatal karena alergi, atau eksim. Dapat juga mengurangi jerawat dan menghilangkan bekas luka tanpa membuat kulit menjadi kering. 

Harga yang dibanderol untuk Hyegia berukuran 250 ml adalah Rp 70.000 dan ukuran 500 ml adalah Rp 110.000. Sementara Hygeia dapat dibeli lewat situs online. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com