Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Cantik Lebih Mudah Peroleh Nilai Akademis Tinggi

Kompas.com - 22/01/2016, 07:01 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Nextshark


KOMPAS.com –
Sejumlah studi mengatakan bahwa penampilan seseorang memberikan banyak pengaruh pada kesuksesan.

Tak sedikit studi yang menyimpulkan bahwa wanita dan pria menarik lebih mudah mewujudkan impian dan mendapatkan segala hal yang mereka inginkan dalam hidup.

Baru-baru ini, sebuah studi baru yang digagas oleh seorang profesor dari Metropolitan State University of Denver, Rey Hernandez-Julian dan Christina Peters, menemukan bahwa mahasiswi dengan wajah cantik tidak sulit mendapatkan nilai terbaik di kelasnya.

Kondisi itu, menurut hasil studi, tidak ditemukan pada mahasiswi dengan penaampilan biasa-biasa saja.

Kedua profesor menggunakan foto identitas mahasiswa dan data nilai, untuk menemukan hubungan antara penampilan dengan pencapaian akademis.

Mereka mempelajari lebih kurang 77.067 mahasiswi, dalam rentang waktu 2006 hingga 2011.

Hasilnya, mahasiswi dengan penampilan lebih menarik dan cantik, mendapatkan nilai lebih tinggi, ketimbang yang berpenampilan biasa-biasa saja.

Namun, saat peneliti menganalisa nilai di kelas yang bisa dilakukan secara online, nilai seluruh mahasisiwi cenderung seimbang.

“Apakah dosen menyediakan lebih banyak wakatu dan energy pada mahasiswi cantik agar mereka mendapatkan nilai lebih tinggi? Apakah dosen begitu saja memberikan nilai ekstra kepada mahasiswi yang cantik?,” tanya Hernandez-Julian.

“Jawaban berdasarkan temuan kami, ada sebuah pengertian bahwa terjadi bias di mana dosen memberikan sedikit kelonggaran pada mahasisiwa berwajah cantik,” ujarnya.

Hasil studi ini dipresentasikan di American Economic Association. Para peneliti kembali menegaskan bahwa ada perbedaan nilai pada kelas konvensional dan kelas online.

Studi ini juga memaparkan bahwa perbedaan nilai ini tidak ditemukan pada mahasiswa pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com