Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita... Ingat Jangan Pasrahkan Kebahagiaan di Tangan Pasangan

Kompas.com - 25/01/2016, 06:10 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com Memiliki pasangan memang menyenangkan. Curahan perhatian, kasih sayang, dan kehangatan yang diberikan, tak ayal membuat debar jantuk seolah berdetak dua kali lebih cepat.

Namun, apakah menggantungkan kebahagiaan kita pada orang lain, sekalipun itu pasangan, bisa dibilang tepat?

“Membiarkan orang lain mendikte kebahagiaan kita hanya mendorong kehidupan untuk selalu mencari distraksi,” terang seorang psikolog, Lucy Moore.

Menggantungkan kebahagiaan pada pasangan, kata Moore, merupakan cara terbaik untuk membuat hidup berjalan gelisah dan tidak tenang.

Sebab, Anda akan terus bergantung dan membutuhkan pasangan. Kondisi itu, bisa jadi sangat mengganggu pasangan Anda. Siapa juga yang ingin memiliki kekasih yang selalu memonitor segala aktivitas kita, hanya karena dia takut sendiri.

“Anda yang memiliki karakter selalu memerlukan pasangan atau status berpasangan untuk bahagia, berarti Anda tidak memiliki satu hal dalam diri yang bisa dibanggakan,” urainya.

Moore menyarankan, carilah hobi dan kegemaran lain yang membutuhkan perhatian dan waktu Anda. Tujuannya agar fokus hidup Anda tak melulu bergantung pada pasangan.

Mengetahui keinginan diri dan memiliki minat terhadap sesuatu, sebut Moore, memberikan warna lain dalam kehidupan.

Jadi, ketika Anda berhasil mencapai apa yang Anda inginkan, tentunya hal itu akan melahirkan rasa bahagia dalam diri Anda.

Alhasil, Anda pun akan menyadari bahwa kehadiran pasangan memang untuk melengkapi kehidupan, tapi bukan patokan dari kebahagiaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com