Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sih Sulit Sekali Berkonsentrasi di Kantor?

Kompas.com - 25/01/2016, 09:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Sebentar kerja, sebentar lagi nonton YouTube, beberapa di antara Anda pasti pernah mengalami kondisi malas-malasan saat kerja di kantor.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan banyak karyawan susah fokus menyelesaikan pekerjaan, padahal tenggat waktu sudah di depan mata.

Sebuah buku berjudul Deep Work:The Secret to Achieving Peak Productivity, yang dibahas di The Science of Us menjelaskan bahwa adanya residu perhatian yang membuat seseorang menjadi sulit fokus pada satu hal.

Residu perhatian adalah ketidakmampuan manusia untuk bekerja secara konstan dengan dua hal berbeda (multi tasking). 

Sophie Leroy, pada tahun 2009 meneliti kasus sulit konsentrasi, menyebutkan bahwa sebenarnya manusia lebih tak produktif ketika mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dibanding fokus pada satu tugas saja.

Leroy menjelaskan, jika residu perhatian terjadi saat pikiran secara berkelanjutan masih memikirkan tugas sebelumnya, namun Anda telah beralih pada tugas selanjutnya.

Alhasil tugas baru Anda tersebut menjadi terdistraksi dan membuka peluang Anda menjadi lebih tidak fokus.

Untuk menghindari residu perhatian ini, maka Anda perlu menantang diri sendiri melakukan satu hal hingga selesai dengan waktu yang lebih lama, ketimbang melakukan berbagai macam hal dalam satu waktu.

Jadi, kesimpulannya, mulai sekarang hindari multitasking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com