Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Duka Memimpin Tim Kerja Mayoritas Karyawan Wanita

Kompas.com - 27/01/2016, 15:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Seorang pemimpin yang ideal haruslah mampu membuat keputusan penting di tengah konflik yang terjadi dalam tim kerja, sementara orang lain masih dalam tahap menganalisa masalah.

Sifat dan prinsip tersebut harus terus objektif tanpa membatasi jender. Namun, sebenarnya, apakah ada perbedaan memimpin tim kerja yang mayoritas wanita dan pria.

Pemimpin redaksi majalah wanita ternama, Fira Basuki berbagi suka duka dalam memimpin karyawan yang mayoritas wanita.

"Wanita sering terbawa perasaan, sebagai pemimpin kita harus tetap objektif. Wanita juga seringkali menggiring opini, jadi kita harus berpikiran jernih," ujar Fira yang ditemui di acara peluncuran buku bertajuk Aku...Cantik di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta (26/1/2016).

Namun demikian Fira mengatakan bahwa karyawan wanita memiliki kemampuan melakukan banyak tugas dalam satu waktu atau multi tasking yang baik. 

Lalu, dia juga berujar, sangat senang dapat memimpin karyawan dengan mayoritas wanita.

"Harus tetap berpikiran jernih, jangan sampai terbawa perasaan. Harus membuka wawasan, tetap bijaksana, dan harus tegas. Sebab, banyak wanita yang tak bisa membuat keputusan dan harus bisa bertanggung jawab dengan keputusan tersebut," ujar Fira memberikan tip bagaimana cara memimpin tim kerja yang lebih banyak didominasi karyawan wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com