Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2016, 08:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
The Royal College of Midwives (RCM) atau organisasi para bidan di Skotlandia mengungkapkan, jika jumlah wanita hamil yang menderita obesitas di Skotlandia terus bertambah. Alhasil, bobot bayi yang lahir mencapai angka 4,5 kilogram lebih.

Data resmi dari tahun 2015 menunjukkan, jika 7,1 persen bayi yang baru lahir di Skotlandia, memiliki bobot di atas rata-rata.

Jumlah tersebut kian meningkat dibanding dengan tahun 2014, dengan jumlah resmi 852 bayi memiliki bobot diatas 4,5 kilogram. Bobot bayi terberat yang lahir di tahun 2015 mencapai 5,8 kilogram.

Director The Royal College of Midwives dari Skotlandia, Gillian Smith, mengatakan, "Obesitas meningkatkan masalah kesehatan jangka panjang bagi bayi dan ibunya. RCM mengimbau para ibu untuk mengatur asupan makan selama mengandung dan usai kehamilan,".

Smith juga mengatakan bahwa peningkatan kelahiran bayi dengan bobot berat ini membuat prosedur kelahiran caesar menjadi semakin tinggi. Padahal, prosedur tersebut dapat berpengaruh pada kehamilan yang akan datang.

"Obesitas saat kehamilan adalah tantangan dan perlu penanganan segera untuk mempromosikan kesehatan termasuk informasi yang lebih baik, edukasi, dan dukungan bagi wanita serta keluarga, mengenai keuntungan dari makanan sehat sebelum dan saat hamil, dan juga olahraga yang sesuai," ungkap Smith.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com