Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Tidur Sebabkan Menstruasi Semakin Terasa Menjengkelkan

Kompas.com - 03/02/2016, 19:56 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com --
Menstruasi bukanlah saat yang menyenangkan bagi wanita. Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu serta suasana hati yang tak menentu membuat periode menstruasi semakin menyebalkan.

Berikut ini, ada lima kebiasaan yang akhirnya membuat menstruasi makin tak menyenangkan:

1. Waktu tidur tak normal
Jurnal dari Health Care Women International menyatakan bahwa waktu tidur yang tak cukup dan tak menentu dapat membuat masa menstruasi menjadi lebih lama. Mereka menyarankan untuk tidur delapan jam perhari sebisa mungkin.

2.Stres
Stres memicu produksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi masa menstruasi, dalam beberapa kasus bahkan dapat menghentikan atau menghambat menstruasi.

3. Selalu berpergian
Ketika Anda berpergian ke beberapa lokasi secara rutin maka tubuh akan menyesuaikan dengan lokasi tersebut. Produksi hormon melantonin menjadi tak normal dan membuat menstruasi menjadi terlambat.

4. Minum kopi atau alkohol
Sebisa mungkin hindari meminum kopi saat menstruasi karena membuat tubuh yang harusnya istirahat menjadi berfungsi kembali. Kemudian, hindari minum alkohol karena dapat meningkatkan risiko kram dan nyeri pada bagian perus saat menstruasi.

5. Olahraga terlalu keras
Olahraga yang terlalu berlebihan dapat membuat fisik menjadi stres dan berakhir pada hormon yang tak seimbang. Sebaliknya, para ahli merekomendasikan olahraga selama 30 menit saat masa menstruasi untuk memperlancar menstruasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com