Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2016, 14:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Beberapa waktu lalu, label busana muslim, Zoya, mengumumkan koleksi kerudung halal yang telah rilis di pasaran.

Pada poster pengumuman yang diunggah ke akun Instagram Zoya, disebutkan bahwa, kerudung halal itu sudah mendapatkan sertifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sontak, publik dan netizen pun dibuat heboh dengan label halal pada kerudung yang merupakan bagian busana wajib seorang muslimah.

Sebagai pelaku bisnis, perancang busana muslim Indonesia adalah pihak yang paling bersinggungan dengan label halal atau tidaknya busana yang mereka rancang. 

Oleh karena itu, Kompas Female mencoba mencari tahu tanggapan dari desainer busana muslim Indonesia. Salah satunya adalah Itang Yunasz.

Itang adalah desainer senior yang telah merancang busana selama 35 tahun. Respon pertama Itang saat mendengar isu ini adalah tertawa dan bersikap santai saja. 

"Saya pikir ini agak berlebihan, karena baru di Indonesia saja kain disebut halal dan haram. Haram itu kan bukan hanya datang dari babi saja. Lagipula bagaimana busana lainnya yang dikenakan selain kerudung?," ujar Itang.

Lalu, apakah Itang merasa takut dirugikan lantaran sertifikasi halal untuk busana muslim? Itang menjawab, "Saya yakin rizki Allah SWT  yang atur, karena setahu saya di dunia ini cuma Indonesia yang sebut baju muslim. Baju itu tidak ada agamanya,".

Kemudian, Itang menjelaskan, jika di barat busana muslim seperti yang dikenakan oleh wanita Indonesia disebut modest wear (busana sopan) dan tentu dapat dikenakan oleh wanita dari berbagai latar belakang agama lainnya.

"Kembali lagi bagaimana memperlakukan busana menjadi lebih sopan seperti yang Islam inginkan untuk wanita. Semoga Allah melindungi kita dari hal-hal yang menyulitkan dalam Islam," urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com