Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2016, 12:11 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com
 – Bagaimana rasanya ketika Anda menyentuh pipi balita? Pasti terasa lembut, halus, dan kenyal, bukan? Rahasianya ada pada kandungan hyaluronic acid (HA).

Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Saat masuk ke dalam tubuh, air harus ditangkap dan diikat agar bisa diolah. Inilah tugas utama HA.

Zat yang secara alami diproduksi tubuh ini dapat ditemukan di seluruh jaringan, termasuk di kulit ari (epidermis) dan jaringan ikat di bawahnya (dermis). Di sini HA mengisi celah kosong dan membantu memperbaiki sel-sel rusak agar kulit tetap elastis dan terhindar dari kerutan dini.

Semua orang, tanpa kecuali, pasti memiliki HA yang membuat kulit halus dan kenyal. Hanya saja, pada kulit anak-anak jumlahnya masih berlimpah. Seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh memproduksi zat ini akan berkurang.

Di usia 20-an, misalnya, jumlah HA tinggal 80 persen. Angka ini kemudian turun drastis menjadi 65 persen dalam waktu 5 tahun. Saat memasuki usia 50 tahun, kandungan HA ada di kisaran 45 persen. Konsekuensinya, kulit terasa lebih kering dan kurang elastis.

Selain faktor usia, lingkungan yang buruk, seperti polusi tinggi dan paparan langsung sinar matahari, bisa mempercepat proses penurunan kandungan HA. Bila tak ada upaya perawatan yang tepat, kulit jadi tampak lebih kusam, pucat, bahkan berbintik hitam atau berjerawat. Nah, apa yang harus dilakukan?

Bersihkan wajah 

Bisa jadi, ini bukan kali pertama Anda mendapat tips untuk rutin membersihkan wajah pada malam hari. Sebagian dari Anda mungkin malah sudah memasukkannya dalam ritual perawatan kecantikan harian. Tapi, apakah caranya sudah tepat?

Merujuk penelitian di University of California-Irvine, seperti dikutip Huffingtonpost, sel kulit baru berkembang lebih cepat saat Anda terlelap pada malam hari. Jadi, Anda harus memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin, jangan sampai salah langkah!

Pertama-tama, tangan memang merupakan alat paling mudah dan efektif untuk membersihkan wajah. Namun, tunggu sebentar. Sebelum tangan Anda menyentuh kulit wajah, pastikan dulu kebersihannya.

Ingat, tangan kita membawa miliaran bakteri yang juga salah satu penyebab utama beragam masalah kulit seperti jerawat. Jadi, cucilah dulu tangan Anda hingga bersih.

Setelah tangan bebas kuman dan bakteri, Anda bisa mengawali "prosesi" pembersihan wajah dengan krim pembersih. Sebarkan secara merata di wajah dan leher lalu pijat perlahan. Pijatan pada wajah ini penting karena mampu menstimulasi sel untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat mengencangkan kulit. 

Setelah itu, lap sisa krim menggunakan tisu wajah atau sponge khusus. Agar wajah benar-benar bersih dari sisa-sisa krim, gunakan sabun pencuci dan bilas dengan air.

Pelembab

Sesudah wajah bebas riasan, waktunya melembabkan kulit. Jangan dikira krim pelembab wajah cukup digunakan pada pagi hari sebelum beraktivitas saja. Ingat, malam hari adalah kesempatan Anda mengembalikan kesegaran kulit.

Agar maksimal, Anda sebaiknya mulai dengan membuka pori-pori kulit supaya penyerapan produk kecantikan menjadi lebih maksimal. Cara paling mudah adalah dengan meletakkan handuk yang sudah direndam air hangat—bukan panas—di wajah Anda selama beberapa menit. Saat wajah masih sedikit basah sesudah handuk diangkat, oleskan pelembab secara merata.

Satu lagi, Anda juga harus selektif memilih pelembab. Usahakan pilih produk yang memiliki kandungan HA. Havital, misalnya, yang masuk katalog Taiwan Excellence, penghargaan untuk produk asal Taiwan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), di bawah pengawasan Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi (MOEA) Taiwan.

Untuk sentuhan akhir, potong mentimun yang sudah didinginkan dalam kulkas, lalu tempelkan irisan itu di kelopak mata. Potongan mentimun bisa menenangkan sekaligus mengurangi lebam pada mata dan area sekitarnya akibat kelelahan. Nah, pejamkan mata dan bersantailah. 

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com