Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2016, 16:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Grafologi memiliki definisi ilmu dan seni membaca tulisan tangan. Namun, bukan berarti bahwa Grafologi adalah ilmu ramalan.

Sebab, ilmu Grafologi tak membutuhkan indera keenam dan ritual klenik untuk menganalisa karakter seseorang lewat tulisan tangan.

Selain itu, Grafologi juga merupakan ilmu turunan dari bidang Psikologi yang telah memiliki sekolah dan penelitian resmi. Dalam Grafologi semua hasil analisa dapat dipertanggung jawabkan.

"Asal metodenya benar, hasil grafologi harusnya dapat dipertanggung jawabkan dari indikator yang jelas," ujar pakar Grafologi, Deborah Dewi. 

"Sebetulnya yang membuat orang merasa diramal dengan Grafologi karena hasilnya akurat, benar tidak?" ujar Debo.

Hal tersebut secara tak langsung menunjukan akurasi dari ilmu Grafologi.

Debo menjelaskan bahwa Grafologi dapat mengungkap pola asuh terdahulu, sehingga menyebabkan karakter masa sekarang, dan memberi gambaran tentang perilaku masa depan.   

Sayangnya, Debo mengatakan banyak orang yang belum mengetahui latar belakang ilmu pengetahuan dan riset yang telah dilakukan di Grafologi sehingga tak jarang masih ada orang yang menghubungkan Grafologi dengan ramalan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com