Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Sertifikat Halal MUI untuk Kerudung Halal

Kompas.com - 10/02/2016, 14:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Sertifikat halal untuk bahan atau busana muslimah sampai saat ini masih menuai kontroversi di kalangan masyarakat.

Ada yang beranggapan bahwa sertifikat tersebut penting tapi tak sedikit pula yang beranggapan bahwa sertifikat tersebut tak penting dan justru menyulitkan.

Zoya sebagai salah satu label ritel busana muslim pertama yang meluncurkan emblem halal pada koleksi kerudungnya, akhirnya memperlihatkan sertifikat halal yang didapat dari MUI Jawa Barat. 

Pada tulisan sertifikat tersebut bertuliskan, "Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, setelah melakukan pengujian dan [embahasan, menetapkan bahwa produk pangan obat-obatan, atau kosmetik yang disebutkan bamanyadibawah ini adalah HALALmenurut syariat Islam,".

Dituliskan pada sertifikat tersebut jenis produk adalah kain, dengan tipe kain rajut polyester dan kain rajut stretch polyester merek Zoya dan Mezora, atas nama perusahaan PT. Central Georgette Nusantara yang dikeluarkan pada tanggal 19 Oktober 2015. 

Sigit Endroyono selaku Creative Director dari Shafco mengatakan bahwa prosedur pemintaan sertifikat tersebut dilakukan oleh pihak pabrik produsen kain pemasok dengan inisiasi Zoya.

Harga yang dibayar untuk prosedur halal tersebut adalah Rp 3 juta, dengan proses penilaian yang tak bersedia dijelaskan dan dioper ke pihak MUI. 

Sayangnya,  pihak MUI pusat dan Jawa Barat tak kunjung hadir di jumpa pers yang dilaksanakan Zoya tanpa alasan yang cukup jelas.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com