Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Cerdik Perbaiki CV demi Dapatkan Pekerjaan Idaman

Kompas.com - 12/02/2016, 10:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Sebuah penelitian menemukan bahwa para perusahaan dapat dengan cepat membuat penilaian kepribadian seorang pelamar kerja hanya lewat sebuah aplikasi curriculum vitae (CV).

Para peneliti mengatakan bahwa kepribadian pelamar kerja yang terbaca lewat CV, sebenarnya hanya beperan kecil untuk kelanjutan rekrutmen diperkerjakan atau tidak.

Namun, CV yang baik cukup berperan besar bagi pelamar kerja untuk dipanggil guna memenuhi proses wawancara. 

Penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Business and Psychology ini dilakukan terhadap 122 perekrut yang diminta untuk mengevaluasi 37 CV mahasiswa.

Hasilnya, para perekrut menyimpulkan kepribadian pelamar lewat lima sifat dasar, yakni: keterbukaan, konsistensi, senang berinteraksi, sikap mudah menerima, dan mudah depresi.

Hal penting lainnya yang dinilai oleh perekrut dari CV seorang pelamar adalah menempatkan pencapaian edukasi terlebih dahulu, sebelum pencapaian pekerjaan.

Selanjutnya, baru menuliskan peran sebagai pemimpin dalam organisasi dan memiliki kegemaran yang berkutat dengan petualangan.

Trik tersebut, Anda akan menampilkan kepribadian yang mudah bersosialisasi dan lebih mudah diajak bekerjasama.

Berdasarkan sisi penulisan, CV yang memiliki spasi dua kali dinilai lebih menarik ketimbang satu spasi.

Lalu, pelamar kerja yang sering melakukan kegiatan sukarela ini juga dinilai lebih baik dalam berorganisasi ketimbang yang tidak pernah atau jarang menjadi sukarelawan.

Penulis penelitian Gary Burns dari Wright State University di Amerika Serikat mengatakan, bahwa para pencari kerja harus menghindari menulis CV dengan format tulisan yang tak biasa, dan jangan pernah menulis pernyataan atau pendapat pribadi dalam CV yang siap disebarkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com