Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Negara Ini Rayakan Valentine dengan Cara nan Unik

Kompas.com - 12/02/2016, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber ibtimes


KOMPAS.com --
Hari kasih sayang dirayakan di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Umumnya, para pasangan kekasih melewatinya dengan makan malam romantis dan tukar hadiah.

Namun, untuk tujuh negara berikut ini, tradisi Valentine dirayakan dengan cara yang unik dan menarik. Berikut uraiannya:

1. Ghana
Sejak tahun 2007, tangal 14 Februari di Ghana juga dikenal sebagai Hari Cokelat Nasional. Ghana yang dikenal sebagai salah satu negara eksportir cokelat terbesar, memanfaatkan momen Valentine sebagai sarana pariwisata. Anda dapat melihat pameran cokelat dan menu spesial coklat di tiap restoran.


2. Filipina
Hal yang menarik dari perayaan Valentine di Filipina adalah diselenggarakannya pernikahan akbar, yakni pernikahan massal. Pada tahun 2013 silam, setidaknya ada 4.000 pasangan yang menikah di acara pernikahan masal.

3. Guatemala
Hari Valentine disebut dengan El Dia del Carino di Guatemala. Kasih sayang tak hanya dirayakan antarpasangan, tetapi juga antarsahabat dan keluarga.

Tradisi unik di Guatemala adalah parade jalanan dengan busana penuh warna yang terinspirasi dari busana dan topeng suku Maya.

4. Afrika Selatan
Anak muda di Afrika Selaran merayakan hari Valentine dengan menjepit nama dari kekasihnya di lengan tangan. Tradisi ini juga dikenal sebagai Lupercalia, dimana pada masa Romawi kuno disebut juga sebagai festival kesuburan.

5. Estonia
Berbahagialah para lajang di Estonia, hari Valentine disebut sebagai Hari Teman disana, jadi para lajang tak merasa sedih pada perayaan. Untuk merayakannya, orang Estobia bertukar hadiah satu sama lain tanpa memandang status.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ibtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com