Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontribusi Orangtua yang Bisa Anda Manfaatkan dalam Perencanaan Pernikahan

Kompas.com - 14/02/2016, 14:00 WIB


KOMPAS.com --
Setiap orangtua biasanya memiliki peran yang cukup dominan dalam persiapan pernikahan anaknya.

Kini, tidak jarang orangtua yang memberikan kebebasan bagi putra dan putrinya dalam menentukan perayaan seperti apa yang diinginkan untuk pernikahan mereka. 

Namun, meski lebih bebas dalam menentukan konsep, bukan berarti Anda ingin menghilangkan peran orangtua sama sekali bukan?

Dengan menyertakan orangtua dalam proses persiapan pernikahan, tak hanya akan menyenangkan bagi semua pihak. Anda pun dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga sebelum memulai hidup baru.

Undangan
Membuat daftar undangan pernikahan bukanlah persoalan yang sederhana. Setelah Anda sepakat menentukan jumlah tamu yang akan hadir dalam pesta pernikahan, diskusikan dengan orangtua mengenai kerabat dan keluarga yang diharapkan hadir.

Masukan mereka akan sangat berarti agar pesta pernikahan Anda dapat berjalan dengan sempurna.

Administrasi
Ini adalah pengalaman pertama Anda mendaftarkan pernikahan, namun orangtua biasanya lebih paham, walau mungkin jaman yang dilalui sudah berbeda.

Setidaknya libatkan mereka dalam memeriksa daftar keperluan apa saja yang harus disiapkan untuk mengurus administrasi pernikahan.

Busana Pernikahan
Jangan meremehkan saran ibu khususnya ketika mencoba busana pernikahan. Ketika bertanya pada teman-teman Anda, mereka mungkin merasa tidak enak dalam mengutarakan pendapat tentang busana yang sebenarnya tak terlalu cocok dengan Anda.

Ibu Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk Anda. Apalagi untuk pengantin yang akan mengenakan busana tradisional, ibu Anda tentu lebih lebih berpengalaman dalam hal ini.

Katering Pernikahan
Memilih menu yang akan disajikan di pesta pernikahan tidaklah semudah yang Anda kira. Libatkan orangtua saat menentukan berbagai menu hidangan. (Aulia Fitrisari/Bridestory.com)

Sesuaikan dengan tema pernikahan yang Anda pilih. Jika melibatkan daerah tertentu, maka orangtua tentu dapat membantu Anda dalam memilih hidangan yang tepat bagi para tamu yang akan hadir.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com