Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Pecinta Mode New York Terhadap Batik Kudus Denny Wirawan

Kompas.com - 24/02/2016, 07:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com –
Tepat di Hari Kasih Sayang atau Valentine (14/2/2016) silam, perancang busana asal Indonesia, Denny Wirawan, sukses menghelat pergelaran busana koleksi Balijava untuk Batik Kudus di Fashion Gallery New York Fashion Week 2016.

Sebanyak 15 padu padan dari koleksi Balijava untuk Batik Kudus ditampilkan Denny di depan segenap para undangan yang merupakan pecinta mode di New York, AS.

Gaya rancang dan motif yang dipersembahkan oleh Denny bisa dibilang mengembuskan angin segar di antara koleksi perancang asing yang kebanyakan mengedepankan busana siap pakai dengan konsep cenderung kasual.

Perbedaan yang nyata ini pun memberikan kesan tersendiri pada beberapa pecinta mode di salah satu negara bagian di Amerika Serikat tersebut.

KOMPAS.COM/SYAFRINASYAAF (ki-ka) Natasha dan Darria, pecinta mode New York yang hadir melihat persembahan Balijava Batik Kudus di New York Fashion Week 2016.

“Sangat menarik dan berbeda. Permainan gaya konstruktif menjadikan motif dan detil busana terlihat modern sekaligus elegan,” ujar Natasha, warga negara New York yang hadir di pergelaran busana Balijava Batik Kudus di Hotel Affinia, Manhattan, AS.

Kemudian, Daria mengatakan, dirinya belum pernah melihat dan mendengar kain batik. Bahkan, dia mengaku baru tahu bahwa koleksi Balijava yang dia saksikan merupakan warisan leluhur di Indonesia.

“Saya tidak pernah mendengar batik, tapi saya pernah dengar Indonesia,” imbuhnya.

Komentar serupa juga diutarakan oleh rekan Natasha yang bernama Darria.

Wanita berambut pirang dan berasal dari Rusia itu menyebutkan, dia sangat menyukai koleksi Balijava karena nuansa elegan yang mendominasi keseluruhan koleksi.

“Koleksi yang cantik. Sangat menarik perhatian karena berbeda dengan rancangan busana perancang lainnya. Saya suka detil bunga di antara warna-warna gelap,” terang Darria.

DOK. ISTIMEWA Oxanna, salah satu model yang melenggang memeragakan koleksi Balijava Batik Kudus

Selanjutnya, salah satu model yang turut melenggang memeragakan koleksi Balijava di panggung NYFW 2016, Oxanna, mengaku dirinya sempat merinding dan terharu ketika kali pertama merasakan busana Balijava menyentuh kulitnya.

Menurut dia, busana yang menebarkan kemegahan itu membuatnya begitu terharu dan terpana akan sebuah karya seorang perancang yang mencintai tempat negaranya berasal.

Denny Wirawan bersama Bakti Budaya Djarum Foundation berhasil mempersembahkan wastra Indonesia di atas pentas mode dunia pada hari Minggu (14/2/2016) di Fashion Gallery New York Fashion Week 2016.

Memadukan kontradiksi manis antara keanggunan bunga teratai dan ketegasan permainan motif wajik yang menjadi tema utama rancangannya, Denni memiliki harapan untuk memperkenalkan kain Indonesia secara mendunia di hadapan para pecinta mode New York pada waktu-waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com