Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Busana Batik yang Disuka Anak Muda adalah...

Kompas.com - 24/02/2016, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com –
Sejumlah perancang busana Indonesia yang khusus menggali dan mengolah keindahan wastra nusantara, tak hanya bermain dengan gaya rancang modern, tetapi juga kreatif dalam mengeksplorasi motif batik klasik menjadi terlihat kekinian.

Salah satu perancang busana tersebut adalah Amanda Hartanto.

Menurut perancang lulusan ITB program studi Seni Rupa dan Desain ini, tren busana batik anak muda masa kini justru kembali ke warna dan motif tradisional.

"Mereka suka warna-warna sogan. Dalam artian warna-warna coklat, hitam, putih yang lebih tradisional. Namun, dengan desain yang modern," ungkap Amanda.

Perancang dan pemiliki dari label busana Amanda Hartanto Batik ini, mengatakan bahwa generasi muda mulai mencari keseimbangan antara model busana modern dengan warna serta motif tradisional sejak tahun 2014 lalu.   

"Sebelumnya warna-warna terang, gradasi merah, ada biru, full color. Sekarang, lebih diminati yang sogan. Saat keluar koleksi itu tahun lalu, laku keras," tutur desainer yang karyanya dibawa Puteri Indoensia 2015, Anindya Kusuma Putri ke ajang Miss Universe di Las Vegas, Amerika Serikat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com