Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita Kanker, Nenek 90 Tahun Pilih Keliling Amerika ketimbang Berobat

Kompas.com - 26/02/2016, 11:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis


KOMPAS.com –
Nenek Norma yang telah berusia 90 tahun didiagnosa menderita kanker endometrial. Alih-alih mempersiapkan diri untuk melakukan perawatan kemoterapi, Norma memilih untuk berpergian keliling Amerika Serikat dan menikmati hidup.

“Umur saya 90 tahun. Saya akan berpergian,” ucap Norma pada dokternya.

Tak sekadar gertak sambal, Norma benar-benar mengemas seluruh pakaiannya, membeli mobil recreational van (RV), dan segera berjalan-jalan bersama keluarganya mengeliling sejumlah besar negara bagian Amerika Serikat.

Perjalanan tersebut pun didokumentasikan oleh anaknya di sebuah akun Facebook dengan nama Driving Miss Norma.

Lebih kurang enam bulan terakhir, keluarga Norma sangat berbahagia dan penuh semangat menemani Norma berjalan-jalan untuk menikmati hidup dengan maksimal.

Mereka mengeksplorasi keindahan alam di setiap destinasi yang mereka kunjungi, mulai dari taman bermain, savanna, makan enak, beraktivitas di luar ruangan, menonton atraksi lumba-lumba, dan menikmati naik balon udara di Central Florida.

Selain itu, Norma pun memanjakan selera dengan menyantap berbagai makanan lezat dan minuman yang menyegarkan dahaga.

Lalu, apa saran Norma untuk tetap begitu bersemangat dan postifi di kala sadar bahwa  kanker tengah merambat di dalam tubuhnya?

“Selalu berdoa dan Tuhan akan menjagamu, bahkan di saat kamu tidak bisa menjaga dirimu sendiri,” ujar Norma kepada GoodNewsNetwork.

Norma menambahkan, hidup itu bukan sudah berapa tahun kamu hidup, tetapi hidup seperti apa yang telah kamu jalan pada tahun-tahun yang telah berlalu tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com