Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membanggakan, Pelukis Indonesia Ini Berkolaborasi dengan Louis Vuitton

Kompas.com - 26/02/2016, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Nama Eko Nugroho mencuat setelah Presiden RI, Joko Widodo, mengunggah foto dan kisah pertemuannya dengan Eko lewat akun Facebook pribadinya. 

Jokowi menulis, "Bangga sekali lihat lukisan Eko Nugroho dijadikan syal Louis Vuitton...,".

Dalam foto tersebut nampak Jokowi tersenyum lebar mengibarkan syal Louis Vuitton (LV) di depan sang pelukis, Eko Nugroho.

Tak banyak yang tahu jika syal bermotif lukisan Eko tersebut sebenarnya sudah lama dirilis oleh LV, tepatnya tiga tahun lalu untuk koleksi syal  musim gugur dan dingin tahun 2013.

Kolaborasi keduanya melahirkan syal cantik bertajuk Tropical Giant Square.

"Tahun 2012 mereka team desain LV Paris kontak saya menawarkan project kolaborasi dalam bentuk syal. Kita kemudian meeting di Hongkong," tulis Eko lewat SMS.

"Sebelumnya tahun 2012 saya tinggal di Paris selama lima bulan dalam project, artist in residency, bersama SAM Art Project Paris. Di tahun itu juga pameran tunggal di MAM Musee d'Art Moderne de la ville de Paris (National Museum of Modern Art in Paris) dan sebelumnya tahun 2011 pameran bersama 15 seniman Indonesia di Espace Culturel Louis Vuitton," ungkapnya.

Kini, seniman asal Yogyakarta yang karyanya telah dipamerkan di penjuru dunia ini sedang mempersiapkan kolaborasi dengan merek fashion lokal, Major Minor.

"Saya membuat tiga desain syal baru dari karya saya. Selain itu, kolaborasi kami juga merambah seri busana Major Minor untuk musim semi gugur 2016. Koleksinya lebih komplit tidak hanya sekedar syal saja," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com