Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2016, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
- Diberlakukannya aturan mengenai kantung plastik berbayar, memaksa masyarakat Indonesia untuk berpikir ulang mengenai penggunaan kantung belanja.

Miss Earth Indonesia adalah salah satu ikon penting dalam pelestarian lingkungan.

Runner up pertama dari kontes kecantikan, Miss Earth Indonesia, Yovita Iskandar, mengaku, lega saat pertama kali mengetahui adanya aturan kantung plastik berbayar.

"Saya sangat mendukung dan lega adanya pemberlakuan kantung plastik berbayar. Karena sangat menyedihkan mengetahui Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak  ke-dua setelah China" ujar Yovita ditemui setelah acara penanaman tanaman bakau One Million Trees di Tanjung Lesung, Banten (27/2/2016).

Sebelum menjadi Miss Earth, Yovita mengatakan, telah melakukan 'diet' kantung plastik.

"Dimulai dari hal yang sangat kecil tetapi sebenarnya berarti. Misalnya saat belanja makanan di warung atau toko, sebisa mungkin tidak memakai kantung plastik. Saya membawa kantung sendiri jika tak bawa lebih baik langsung masukan tas. Kemudian, menyatukan belanjaan dengan punya teman," jelas Yovita yamg baru kembali mengikuti kontes Miss Intercontinental di Jerman.

Yovita juga mengatakan perlu adanya dukungan dari pihak retail terkait pemberlakuan kantung plastik berbayar serta sosialiasi terhadap para konsumen, khususnya wanita paruh baya yang tentunya lebih sering bersinggungan dengan kantung plastik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com