Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2016, 11:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis


KOMPAS.com –
Berkomunikasi sembari mengajarkan si sulung menjadi kakak yang baik terhadap adik yang ada dalam kandungan Anda, merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh para ibu di dunia.

Pasalnya, membiasakan si kakak dengan kehadiran si adik, meski masih dalam kandungan, bisa meredam rasa cemburu dan mengalihkannya menjadi rasa sayang.

Berdasarkan uraian yang dibeberkan oleh Dr Daniel Blake, Ph.D., Psikolog Anak, Detroit, AS, Berikut tiga cara terbaik memberitahukan si kakak bahwa dirinya bakal memiliki seorang adik nan lucu:

Bacakan cerita mengenai kakak dan adik
Pilih buku cerita yang mengangkat kisah hangat petualangan pasangan adik dan kakak. Lalu, pastikan si kakak bersemangat dengan jalan cerita yang Anda bacakan tersebut.

Nah, ini saat yang tepat untuk mengatakan pada anak Anda bahwa dia bisa bertualang seperti tokoh dalam buku, karena sebentar lagi akan hadir adik yang lucu untuk menemaninya.

Melihat gambar-gambar menyenangkan dalam buku, kata Dr Blake, bisa menstimulasi otak anak menjadi tertarik pada kehidupan kakak dan adik yang membahagiakan.

Bawa si kakak saat mengunjungi dokter kandungan
Anak balita tak memahami apa yang terjadi di balik perut besar Anda saat hamil. Namun, memperlihatkan pergerakan dan bunyi jantung sang janin melalui ultrasound, akan membuatnya bersemangat sekaligus penasaran.

Mempersiapkan kamar bayi bersama anak
Ajak si kakak untuk ikut membantu mempersiapkan dekorasi kamar calon adiknya. Biarkan anak Anda memilih warna cat dinding, mainan, dan lampu untuk kamar bayi.

Selain itu, minta si kakak untuk meletakkan foto dirinya di meja dekat tempat tidur sang calon adik bayi.

Ajak anak belanja baju bayi
Pastikan keterlibatan si kakak terus berlanjut secara signifikan selama Anda mengandung calon adik bayinya.

Salah satu cara menyenangkan adalah belanja kebutuhan dan baju bayi di mal. Sekali lagi, biarkan si kakak memilih baju dan kaus kaki mungil yang tepat untuk adiknya.

Kemudian, biarkan anak Anda memilih boneka dan mainan terbaik pilihannya untuk si adik baru yang tengah tumbuh dalam kandungan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com