Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspresi Balenciaga di Pentas Pekan Mode Paris 2016

Kompas.com - 07/03/2016, 17:05 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis


KOMPAS.com –
Pada pergelaran pekan mode Paris atau Paris Fashion Week (PFW) 2016, salah satu nama besar di industri mode papan atas, tampil menghadirkan koleksi terbaru yang telah diantisipasi oleh seluruh pecinta mode dunia.

Balenciaga, rumah mode yang berbasis di Paris, hadir memeriahkan perayaan pekan mode di Paris.

Tampil pertama, koleksi rumah mode Balenciaga, bisa dibilang sangat ditunggu-tunggu sebagian besar tamu dan undangan PFW 2016.

Sebab, pekan mode kali ini merupakan debut Demna Gvasalia dalam menampilkan koleksi terbaru untuk Balenciaga.

Sebelumnya, Gvasalia berkarya untuk label Vetement yang mengedepankan konsep mode sama sekali berbeda dengan Balenciaga, yakni busana street wear yang lebih nyeleneh dan tanpa batas.

Jadi, tak heran jika banyak pihak bertanya, bagaimana Gvasalia menggarap koleksi dari rumah mode yang selama 100 tahun menjadi langganan para sosialita dan selebriti yang gemar mengenakan busana kekinian tetapi tetap kuat menghadirkan gaya rancang elegan.

Jawabannya terkuak pada pergelaran PFW 2016 hari minggu kemarin.

Model pembuka pergelaran busana hadir dengan gaun selutut yang longgar di bagian pinggang. Dominasi aksentuasi kotak-kotak mengentalkan figur kuat seorang wanita.

Gaya rancang ini merefleksikan perilaku patuh Gvasalia yang meneruskan karakter rancangan sang pendiri Balenciaga, Cristobal Balenciaga, yang memiliki ciri khas busana arsitektural seperti pahatan sehingga menghasilkan busana yang terlihat janggal tetapi menarik perhatian.

Kemudian, ada pula jaket dengan gaya cagoule (jaket hujan dengan kantung di bagian depan), label Balenciaga tertulis tegas di bagian belakang. Otomatis, menegaskan bahwa jaket tersebut hadir berdasarkan ide kreatif yang selektif.

Rangkaian koleksi Gvasalia diumpamakan oleh Lauren Cochrane dari The Guardian seperti sebuah ruangan akustik dengan isolasi putih yang terletak di sebuah kamar bawah tanah dari gedung putih tanpa nama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com