Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Gaya Gaun Pengantin untuk Pernikahan Dalam dan Luar Ruangan

Kompas.com - 19/03/2016, 06:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com-- Tren pernikahan di luar ruangan semakin populer di Indonesia. Tak sedikit pengantin yang memilih tempat eksotis untuk menyelenggarakan pernikahannya.

Pulau Bali, misalnya, adalah alternatif  yang paling banyak dipilih pengantin untuk menyelenggarakan pernikahan luar ruang.

Sebelum menyelenggarakan pernikahan luar ruangan ada banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama gaun pengantin. Sebab, gaun pengantin luar dan dalam ruangan memiliki karakteristik yang berbeda.

Albert Yanuar, seorang perancang busana yang memiliki lini busana pengantin ditemui di acara jumpa pers Weddingku Premium Exhibition 2016, di JS Luwansa Hotel, Jakarta, Jumat (18/3/2016) menjelaskan perbedaan gaun pengantin luar dan dalam ruang.

"Jelas sangat beda, dari buntut gaunnya saja di ballroom bisa mencapai dua sampai lima meter tapi kalau di resort hanya 25 sampai 50 sentimeter. Model gaun resort juga lebih simpel karenaharus tetap terlihat seperti gaun pengantin. Jadi, dari segi struktur harus ditegaskan," ujar Albert.

Untuk penggunaan bahan, gaun pengantin dalam dan luar ruang sebenarnya mirip. Masih menggunakan bahan sifon dan tulle. Perbedaanya justru di jumlah lapisan kain. 

"Kalau resort mungkin hanya satu sampai dua lapis. Nah, untuk ballroom bisa sampai lima lapis," tutur desainer yang belajar mendesain dari usia 14 tahun ini.

Perbedaan lapisan bahan ditambah detail hiasan untuk memberi kesan mewah pada busana dalam ruang, tak heran gaun pengantin dalam ruang terbilang jauh lebih mahal daripada luar ruang.

Albert membocorkan perbedaan harga gaun pengantin dalam dan luar ruang bisa mencapai Rp 10 juta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com