Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Waktu Sendirian Tak Berarti Tidak Bahagia

Kompas.com - 29/03/2016, 20:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com –- Tidak ada yang salah dengan sendiri. Terkadang, sendiri bisa membuat pikiran lebih terbuka dan membuat hati lebih tenang.

Memang benar bahwa manusia terlahir sebagai manusia sosial yang membutuhkan orang lain dalam bertahan hidup.

Namun, meluangkan waktu sendiri tanpa pengaruh dari luar, sangat penting untuk mentalitas Anda.

Dr Travis Bradberry, penulis buku Emotional Intelligence 2.0, dan presiden dari TalentSmart, mengatakan bahwa kesendirian baik bagi mental dan emosional seseorang.

Oleh karena itu mendapatkan sesuatu dalam hidup, Dr. Bradberry mengatakan, Anda perlu belajar menikmati kesendirian.

Berikut tujuh keuntungan dari menikmati kesendirian:

1. Kesendirian bisa memulihkan diri. Bahkan, seorang ekstrovert juga memerlukan waktu untuk menenangkan diri sendiri dan mensyukuri segala nikmat dalam hidup.

Suasana damai dan tenang dalam kesendirian membuat Anda memiliki perspektif baru dari kehidupan yang penuh tuntutan.

2. Dapat melakukan apa yang Anda mau. Ini berarti Anda dapat melakukan berbagai hal yang ingin Anda lakukan tanpa perlu berkompromi dengan orang lain. Anda dapat mengerjakan proyek yang berarti bagi Anda, makan sepuasnya, dan mengenakan apapun tanpa peduli opini orang lain.

3. Belajar percaya dengan diri sendiri. Kebebasan lebih dari melakukan apa yang Anda mau. Kebebasan adalah kemampuan untuk percaya dengan firasat Anda sendiri dan berpikir jernih tanpa ada tekanan dari pihak lain.

4. Kesendirian membantu Anda tahu, apa yang sebenarnya Anda inginkan dan mampu kerjakan dalam hidup. Sebab, ketika bersama orang lain, Anda biasanya memonitor reaksi orang lain ketimbang diri sendiri.

5. Meningkatkan kecerdasan emosional Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan untuk mengenal dan memahami emosi diri sendiri dan orang lain, juga kemampuan untuk mengatur perilaku serta hubungan.

Kemampuan dalam EQ tersebut dibangun lewat intropeksi diri sendiri ketika menyendiri. Fakta dari hasil tes terhadap satu juta orang menunjukkan, 90 persen orang dengan jabatan tinggi memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

6. Lebih menghargai orang lain. Dalam kesendirian Anda dapat melihat orang lain dengan persepsi berbeda. Lebih bersyukur dengan keberadaan serta apa yang mereka lakukan.

Lebih produktif Peneliti dari Texas A&M menemukan, semakin besar kelompok kerja, maka produktivitas seseorang akan semakin terhambat karena ide orang lain.

7. Meningkatkan kepercayaan diri. Saat Anda menikmati waktu kesendirian, maka secara otomatis mengkonfirmasi diri bahwa Anda adalah orang yang berharga. Jangan berharap Anda dapat bahagia dengan orang lain, jika Anda sendiri tak dapat bahagia dan menghargai diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com