Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Karyawan Wanita Indonesia Lebih Tinggi ketimbang Pria

Kompas.com - 01/04/2016, 07:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Di luar negeri, khususnya negara Barat, gaji atau upah kerja sedang menjadi topik yang hangat, lantaran perbedaan angka yang cukup signifikan antara gaji pria dan wanita.

Data dari AAUW.org, The Simple Truth about Gender Pay Gap tahun 2014 menyebutkan, jika di Amerika Serikat, gaji wanita lebih rendah 21 persen ketimbang gaji pria. 

Sementara itu, di Inggris, data dari Officer for National Statistis menyebutkan, kesenjangan gaji pria dan wanita terjadi hingga 14,2 persen.

Berbeda dengan negara Barat yang masih seksis dalam upah kerja. Ternyata, Indonesia menjunjung persamaan gaji antara pekerja pria dan wanita. Bahkan, di beberapa bidang, gaji wanita justru lebih tinggi ketimbang pria.

Data dari situs Jobplanet.com, platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan survei terhadap 46.000 karyawan level staf dan 14.000 karyawan level manager, dengan perbandingan jumlah jender 49 persen pria dan 51 persen wanita.

Lalu, survei tersebut juga menemukan, jika gaji (pokok, tanpa bonus dan tunjangan) rata-rata staf wanita adalah Rp 3.660.000 lebih tinggi 1,1 persen daripada gaji staf pria yakni Rp 3.621.000.

Perbedaan gaji juga terjadi pada level manager wanita yang memiliki gaji rata-rata Rp 7.696.000 lebih tinggi 4,6 persen dari gaji manager pria yaitu Rp 7.356.000.

Uniknya, pada bidang engineering (teknik), hukum, dan Research and Development (R&D), gaji staf wanita lebih tinggi 10 persen dibanding gaji staf pria.

Lalu, pada level manager, wanita di bidang pengembangan binsis, engineering, keuangan dan akutansi, serta R&D, memiliki gaji lebih tinggi tujuh sampai dengan 14 persen daripada manager pria.

“Jika dihitung secara keseluruhan, gaji rata-rata yang diperoleh karyawan wanita juga lebih tinggi daripada gaji rata-rata yang diterima oleh karyawan pria, baik di level staf maupun di level manajer. Meski demikian, perbedaan gaji rata-rata tersebut masih berada di bawah 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada kesenjangan gaji antara karyawan pria dengan wanita,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Kabar gembira lainnya, survei Jobplanet juga menunjukkan, jika semakin banyak perusahaan yang mempercayakan dan memperhitungkan kemampuan wanita untuk bekerja di berbagai posisi, juga bidang pekerjaan yang didominasi para pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com