Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2016, 20:26 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Pada dasarnya semua perempuan cantik, meski ada banyak definisi untuk kata sifat yang satu ini. Sebut saja di antara definisi itu adalah kulit yang glowing, putih bersinar, atau badan langsing, hidung mancung, dan rambut hitam tergerai. Apa benar cuma itu?

Anda para perempuan yang merasa tak masuk kriteria umum tersebut tak perlu khawatir apalagi minder. Menggunakan make-up berlebihan untuk mengejar definisi umum tentang kecantikan, bukan pula solusi yang patut menjadi rekomendasi.

www.seventeen.com Foto selfie Demi Lovato tanpa make-up
Justru, Anda yang berani tampil apa adanya dan bersahaja dengan tetap percaya diri akan terlihat cantik tanpa terganggu definisi umum.

Pertanyaannya, seberapa percaya diri Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa mulai memeriksa album foto pribadi.

Periksa saja seberapa sering Anda selfie dengan percaya diri menghadap kamera depan, misalnya. (Baca: Bahkan Taylor Swift Pun Bisa Minder, Ini Cara Mengatasinya!).

Kalau pada bagian ini Anda masih punya persoalan—masih suka menutup wajah, menunduk, atau hanya terlihat sebagian muka—ada sejumlah tips dan trik bisa Anda simak. Sebagai awalan, gaya berfoto diri para selebritis bisa jadi referensi Anda.

Situs web Seventeen edisi 28 Maret 2016 menyebut, ada 68 pose selfie yang sering dipakai para selebriti untuk tampil maksimal. Jangan salah, pose ini tak melulu diambil di lokasi khusus pemotretan, tetapi mulai dari kamar tidur dan bahkan kamar mandi.

Optimalkan yang terbaik

Dari semua tips dan trik untuk mengoptimalkan foto diri, hasil optimal akan datang saat Anda merasa paling percaya diri.

Karena itu, bagian tubuh atau penampilan yang menurut Anda paling baik harus menjadi sudut pandang utama saat pengambilan gambar.

Dok. Oppo Selfie Isyana dan Rio

Pencahayaan juga adalah faktor kunci untuk mendapatkan hasil foto paling bagus, termasuk selfie. Karena itu, pilih lokasi pemotretan dengan pencahayaan yang memadai.

Atau, gunakan ponsel berkamera yang menyediakan fitur penunjang pencahayaan saat memotret diri memakai kamera depan. Selfie di lokasi minim cahaya sekalipun akan terbantu bila kamera depan ponsel memiliki bukaan lensa lebar.

Terlebih lagi, bila kamera depan itu memiliki resolusi tinggi dan fitur-fitur pengoptimal pencahayaan. Misalnya, screen flash atau filter pengolah hasil pemotretan.

Satu lagi, penampilan terbaik saat berfoto bersama apalagi selfie jarang datang dari pose yang kaku atau serius. Tampil rileks bisa jadi akan menjadi kunci untuk hasil foto diri yang maksimal.

Bahkan, pada momen yang tepat, berfoto dalam gaya bebas justru akan membuat Anda tampil cantik dalam definisi gaya khas sendiri. Yakin saja, Anda cantik apa adanya, dalam definisi yang tak selalu harus sama dengan orang lain.

Cheesee...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com