Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Setiap Orangtua Punya Anak Favorit yang Paling Disayang

Kompas.com - 03/04/2016, 19:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com -- Siapakah anak yang menjadi favorit dan paling disayang? Umumnya, orangtua akan menjawab, sayang semuanya dengan kadar yang sama.

Namun, berdasarkan catatan dalam The Science of Us, seorang ilmuwan di bidang sosiologi, Katherine Congar, menemukan bahwa setiap orangtua, ayah dan ibu, pastinya memiliki satu anak yang menjadi favorit mereka.

Conger melakukan penelitian dengan mempelajari perilaku 384 pasangan adik kakak mengenai bagaimana orangtua memperlakukan mereka masing-masing.

Pertanyaan yang diutarakan adalah apakah ada perbedaan berkaitan dengan perlakuan, perhatian, dan kasih sayang, orangtua pada mereka.

Selain itu, Conger juga ingin mempelajari apakah sikap orangtua yang tanpa disadari memihak pada satu anak, mempengaruhi mental saudaranya?

Penelitian juga menghelat sesi wawancara dengan orangtua dari seluruh responden anak, sekaligus mengonfirmasi orangtua mengenai kecurigaan anak bahwa mereka sering memberikan sikap dan perhatian yang berbeda.

Akhirnya, penelitian menemukan, biasanya orangtua memang memberikan perhatian lebih pada anak sulung.

Sementara itu, perlakukan serupa tidak dirasakan oleh anak-anak yang lebih kecil.

Alhasil, banyak anak yang terlahir sebagai adik merasa kurang diperhatikan. Lalu, sebagian responden, yakni para adik, mengaku orangtua mereka cenderung lebih disiplin dan kurang fleksibel pada mereka.

Fakta menarik lainnya dari penelitian ini adalah para peneliti menemukan bahwa tidak ada orangtua yang mengaku pada anak kalau mereka memiliki anak favorit.

Namun, mereka mengakui hal yang berbeda pada peneliti. Sebanyak 70 persen ayah dan 74 persen ibu mengatakan, mereka memang menerapkan sikap, perhatian, dan perlakuan berbeda pada masing-masing anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com